Cara Memandikan Kucing Yang Tidak Merusak Bulu Tanpa Jasa Grooming


JASA GROOMING SURABAYA

Cara Memandikan Kucing Yang Tidak Merusak Bulu Halusnya

Tahukah Anda bagaimana cara memandikan kucing yang tepat? Lantas, kapan Anda sebaiknya memandikannya?

Faktanya, kucing sangat mandiri dalam memelihara tubuhnya. Hanya saja, terkadang pemeliharanya tetap perlu membantunya. Khususnya untuk memastikan tubuhnya terhindar dari kutu atau semacamnya.

Masalahnya, terkadang pemelihara kurang memahami tekniknya. Akibatnya, kucing terus berontak. Bahkan, bulunya mengalami kerontokan setelah dimandikan.

Jika Anda tidak ingin mengalaminya, pahami cara memandikan kucing yang benar. Berikut ini, Kami tunjukkan langkahnya beserta waktu yang pas untuk mengajak kucing mandi.

Waktu Terbaik Memandikan Kucing

Tidak setiap waktu kucing dimandikan. Pemeliharanya perlu membuat jadwal tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Secara umum, jadwal cukup ketat untuk memandikan kucing ialah satu minggu sekali. Itu sudah cukup untuk membuat tubuhnya lebih bersih.

Meskipun begitu, terkadang pemelihara perlu melakukannya dengan segera. Contohnya ketika tubuhnya terlihat sangat kotor.

Membersihkannya dengan cepat bakal meminimalkan jamur atau kuman. Nantinya, pemeliharanya bebas untuk bermain dengan kucing dengan perasaan tenang.

Ketika akan memandikannya, pastikan bahwa perut kucing terisi. Begitu pula, upayakan agar kucing cukup bermain. Tujuannya untuk membuatnya lebih mudah dimandikan lantaran tubuhnya cukup Lelah.

Jika semuanya sudah dilakukan, Anda tinggal memandikannya. Tentunya, persiapkan perlengkapan mandi kucing yang benar. Mulai dari sampo, hingga handuk dan lain sebagainya.

Langkah Memandikan Kucing

Cara memandikan kucing yang aman terbagi menjadi beberapa tahap. Cara ini memungkinkannya merasa lebih nyaman. Begitu pula, bulunya tetap terjaga dengan baik. Di antara langkahnya sebagai berikut.

1.     Tempatkan Handuk sebagai Alas Kaki

Pertama kalinya, siapkan tempat khusus untuk memandikan kucing peliharaan. Tempat seperti wastafel cukup bagus. Karena, wastafel memungkinkannya untuk tetap nyaman.

Sewaktu ingin membilas tubuhnya dengan air, pastikan untuk menempatkan handuk di bawah telapak kakinya. Pasalnya, kaki kucing tidak bisa mencengkeram alas yang licin.

2.     Mandikan Kucing dengan Air Hangat

Kucing sangat sensitif dengan suhu dan air. Kucing tidak menyukai suhu air yang dingin. Jadi, pilihan terbaiknya ialah memandikannya dengan menggunakan air hangat.

Saat memandikannya, cukup semprot bulunya dengan air tersebut. Ingat, hanya bagian tubuhnya saja yang sebaiknya disemprot. Sebaliknya, hindari menyemprot pada area muka dan bagian telinga. Tujuannya agar kucing lebih nyaman.

Apabila ingin membasahi bagian tersebut, cukup basahi tangan Anda. Kemudian, balurkan pada area tersebut.

3.     Gunakan Sampo Kucing

Setelah menyemprot tubuhnya, maksimalkan sampo kucing. Kenapa? Sampo ini memungkinkannya tidak berontak. Tentu saja, sampo tersebut tidak mengakibatkan bulunya rontok.

Di sini, silahkan balurkan secara merata. Tentunya, gunakan sikat halus untuk memastikan sampo dapat masuk ke bagian dalam. Dengan begitu, sampo tersebut dapat menutrisi akar bulunya.

4.     Keringkan Bulu Kucing Secepatnya

Ketika sudah dibaluri sampo, segeralah untuk membilasnya. Tujuannya supaya kucing tidak lari lantaran tidak menyukai dengan air.

Setelahnya, keringkan dengan handuk. Pengeringan juga bisa dibantu dengan hair dryer. Dengan catatan, gunakan secara bijak.

Sembari mengeringkannya, sisirlah bulu kucing. Penyisiran ini memungkinkan bulunya tetap rapi. Bahkan, bisa mengembang sehingga membuat tampilannya lebih indah.

Bonus untuk membuatnya nyaman saat dimandikan, pancing dengan menyediakan makanan di sampingnya. Fungsinya untuk mengalihkan perhatiannya dari air. Dengan begitu, kucing tidak banyak bergerak saat Anda memandikannya.

Itulah cara memandikan kucing yang layak Anda praktikkan. Jika kucing terbiasa dimandikan, tubuhnya akan tetap bersih. Kesehatannya juga terjaga sehingga dapat bergerak lincah ketika bermain dengan Anda.