Cara Menjinakkan Kucing Yang Baru Diadopsi Ke Rumah

Sebelum memastikan kucing siap menemani, Anda perlu menjinakkannya terlebih dahulu. Lantas, tahukah Anda tentang cara menjinakkan kucing tersebut?

Membeli anakan kucing bukan berarti kucing sudah menuruti apa yang Anda mau. Apalagi jika mengadopsinya langsung dari lingkungan alaminya.

Butuh waktu untuk membuatnya tenang di samping pemeliharanya. Jika Anda ingin memeliharanya, cara menjinakan kucing ini dapat dipraktikkan.

Sediakan Kandang Khusus

Pada dasarnya, kucing itu ramah dengan manusia. Tetapi, sisi keramahannya belum terlihat sewaktu Anda mengambilnya dari penampungan atau semacamnya.

Biasanya, kucing ini akan mengalami ketakutan. Ketakutan ini membuatnya lebih sering bersembunyi di tempat gelap. Seakan menjauh dari keberadaan manusia.

Menyadari karakteristik ini, cara menjinakkan kucing harusnya dimulai dengan membuatnya beradaptasi dengan lingkungan baru. Caranya dengan menyediakan kandang tersendiri.

Peletakan kandang sebaiknya tidak jauh dari keberadaan manusia. Tempatnya juga lebih terang. Fungsinya untuk membiasakan kucing dengan manusia. Dengan begitu, kucing tidak merasa takut lagi.

Berikan Makanan dengan Teratur

Kucing biasanya datang ke rumah untuk mencari makan. Hanya saja, caranya bisa berbeda-beda. Misalnya bila belum ramah dengan pemiliknya, kucing ini akan mengendap-endap dan mengambil makanan jika memiliki kesempatan. Kemudian, lari ke tempat lain.

Sebaliknya jika seseorang memberikan makanan setiap kali kucing lewat, kucing ini akan terus datang. Malahan, kucing lebih nyaman ketika makan di samping Anda.

Melihat perubahan ini, tentunya langkah paling baik ialah terus memberikan makanan dan minuman secara teratur. Setidaknya, pemberian makanan ini memungkinkan kucing dapat merasa dibutuhkan.

Kucing pun tidak segan untuk duduk di samping Anda. Bahkan, kesannya sangat manja dan minta makan. Jadinya, Anda selangkah maju untuk membuatnya lebih menuruti Anda.

Sentuh Kucing dengan Lembut

Ketika kucing mulai menunjukkan keramahannya, manfaatkan kesempatan tersebut untuk menyentuh/memegangnya. Dan pastikan untuk menciptakan sentuhan yang lembut.

Mengelusnya menjadi cara menjinakkan kucing yang paling efektif. Kucing yang mulai jinak pastinya akan membiarkan tubuhnya disentuh. Bahkan, kucing ini serasa manja ketika Anda mengelus bulu halusnya.

Kesannya, ada perasaan yang cukup tenang. Kucing pun tidak mau mencakar atau menggigit. Ini tandanya bawa kucing mulai berteman dengan pemeliharanya.

Hindari Sesuatu yang Membuat Kucing Takut

Kucing kecil atau dewasa akan bereaksi dengan cepat. Ketika mendapati sesuatu yang ditakuti, kucing akan segera menghindar. Bahkan, tidak jarang jika kucing akan menyerang sebagai bentuk perlindungan diri.

Anda tidak seharusnya melakukan sesuatu yang dibenci kucing. Apalagi membuatnya takut berhadapan dengan manusia.

Contoh tindakan yang membuat kucing takut ialah bentakan. Suara lantang ini dipahami sebagai bagian pengusiran. Kucing biasanya akan lari ketika mendengar bentakan tersebut.

Tidak hanya itu saja, melempar benda ke depan kucing juga dapat membuatnya lari tunggang langgang. Praktik seperti ini jelas tidak dibenarkan. Terlebih, Anda ingin melihatnya sebagai peliharaan yang menggemaskan.

Jangan Terburu-buru Memandikan Kucing

Memandikan kucing terkadang diperlukan. Tujuannya untuk membuat tubuhnya lebih bersih dari kutu dan kuman.

Meskipun begitu, praktik ini tidak harus dilakukan dengan segera. Karena, kucing masih belum beradaptasi dengan baik.

Memaksanya hanya akan menyakitinya. Tidak jarang bila kucing ini akan menggigit atau mencakar. Kemudian, lari setelah terlepas dari tangan pemeliharanya.

Adakalanya, biarkan kucing lebih tenang terlebih dahulu. Setelah tenang di samping Anda, Anda bisa memandikannya pertama kalinya. Semakin nyaman, Anda dapat menjadwalkannya di tiap minggu untuk menjaga kebersihannya.

Kesimpulannya, cara menjinakkan kucing ini diawali dengan membuatnya tidak takut dengan manusia. Kemudian, pemeliharanya perlu menciptakan lingkungan yang nyaman serta memberinya pakan secara teratur. Dengan begitu, pemeliharanya tidak butuh waktu lama untuk membuat kucing bersender manja di pangkuan.