Mengenal Apa Itu Istilah Pedigree pada Kucing Ras

Istilah pedigree pada kucing dan non pedigree sebenarnya memang sudah tidak asing untuk para pecinta kucing. Dalam berbagai kontes, jenis kucing pun sudah sering digolongkan kategori dalam dua kelas tersebut. Hal ini dilakukan karena sistem penilaian kategori kucing pedigree dan non pedigree memiliki perbedaan yang cukup jauh.

lifestyle.bisnis.com

Pengertian Istilah Pedigree pada Kucing

Pedigree adalah bahasa asing dari silsilah atau latar belakang kucing tersebut. Silsilah keluarga kucing khususnya dimiliki kucing ras murni atau pure breed. Kucing yang diklaim sebagai pure breed harus punya sertifikat pedigree yang cukup jelas. Sertifikat atau identitas kucing dikeluarkan oleh organisasi yang sudah diakui.

Di Indonesia organisasi tersebut adalah ICA atau Indonesia Cat association. Ada juga CFI atau Cat Fancy Indonesia dan organisasi CFSI atau Cat Fanciers Society Indonesia-CFA Club. Pembiak atau Cattery yang sudah teregistrasi dalam asosiasi tersebut akan punya sertifikat untuk kucing ras yang nanti akan diadopsi. Silsilah keluarga kucing ini penting untuk melestarikan ras dan menghindarkan inbreeding atau kawin silang antara keturunan yang bisa mengakibatkan kecacatan.

Kucing Pedigree dalam Kontes

Istilah pedigree pada kucing bukan hanya penting untuk mengetahui silsilah atau ras dari kucing tersebut. Tetapi saat anda mempunyai kucing pedigree memerlukan usaha lebih karena silsilahnya jelas sehingga kualitasnya tidak diragukan. Khususnya bila anda mengadopsi kucing yang memiliki keturunan champion. Pastinya nilai untuk kucing juga lebih tinggi kontes kucing mempunyai pengaruh besar pada nilai kucing anda.

Kucing pedigree yang satu dengan yang lainnya sangat mungkin melakukan perkawinan. Pencampuran tersebut bisa menghasilkan ras baru yang akan menjadi kucing pedigree dengan syarat hasil perkawinan generasi sesudahnya menghasilkan genetik yang sama dengan induknya. Ras baru tersebut mempunyai sifat dan juga karakteristik khusus jika dibandingkan dengan kucing lain.

Bila anda ingin memiliki kucing pedigree, maka anda berada di tempat yang tepat. AlBell'S Cat House menyediakan kucing pedigree dengan silsilah yang jelas. Kami menyediakan berbagai macam jenis kucing. Mulai dari kucing persia, kucing anggora, himalaya scottish dan lain sebagainya. Anda bisa mengadopsi atau membeli kucing di sini. Area pelayanan kami mulai dari Surabaya, Malang, Sidoarjo, Gresik, Bandung, Jakarta hingga Yogyakarta.

Ketika anda sudah mengenal istilah pedigree pada kucing ras, maka saat anda ingin memelihara kucing bisa tahu ras dan keturunan apa kucing tersebut.