Beberapa Tips Merawat Kitten Anggora yang Perlu Diketahui

Bagi pecinta kucing, memiliki seekor kucing peliharaan adalah salah satu hal yang menyenangkan. Akan tetapi, terkadang kucing yang diadopsi serta dirawat memerlukan adanya beberapa penyesuaian dan ragam perawatan khusus. Hal ini bertujuan agar kucing yang diadopsi tersebut dapat menjadi jinak serta tumbuh dengan baik. Salah satu jenis kucing yang sering dipelihara adalah jenis kucing anggora. Mengenai cara pemeliharaan jenis kucing ini, disini akan kita bahas mengenai tips memelihara kitten anggora supaya dapat tumbuh dengan baik.

sites.google.com

Beberapa Tips Merawat Kitten Anggora yang Perlu Diketahui

Kucing anggora dikenal mempunyai sifat yang sangat aktif serta suka bermain. Tak jauh berbeda dengan temannya yang sama-sama populer yakni persia, kucing anggora sangat suka sekali bermain, menggigit mainan serta berlompat. Kucing anggora juga sangat dikenal memiliki kesukaan bermain air, maka pastikan jika anda memelihara kitten anggora tidak tenggelam di air.

Anak kucing anggora memiliki perawatan yang berbeda dibandingkan dengan anggora yang telah berusia 6 bulan ke atas. Kitten anggora yang masih berusia 1 hingga 3 bulan masih memiliki daya tahan tubuh yang kurang stabil. Usia 3 bulan merupakan usia yang masih rawan, maka diperlukan adanya perawatan khusus.

Di bawah ini cara memelihara kitten anggora yang tepat adalah:

Memberi Makan yang Tepat dengan Porsi yang Cukup

Diperlukan kesabaran ekstra dalam memberikan makan pada kitten anggora. Hindari pemberian makanan dalam bentuk kering, akan tetapi berikan jenis makanan yang basah atau wet food supaya kandungan air pada wet food dapat membantu sistem pencernaan kitten tersebut.

Dalam memberikan makanan, anda dapat menggunakan pipet atau sendok teh. Apabila kitten sudah memasuki usia 2 hingga 3 bulan, anda dapat mengurangi kandungan air pada makanan tersebut. Berikan makanan pada kitten anggora dalam porsi yang cukup yakni sekitar 6 gram setiap sekali makan yang dapat anda berikan 3-4 kali sehari.

Mandikan Secara Teratur Serta Waspadai Iritasi

Dengan dimandikan secara teratur dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit serta bulu kitten tersebut. Dalam memandikannya, gunakan shampo khusus anak kucing. Hal penting lain yang harus anda perhatikan adalah menghindari kitten anggora dari iritasi. Kulit anak kucing cukup rentan terkena iritasi, maka anda harus berhati-hati dalam merawatnya.

Masih banyak lagi tips merawat kitten anggora secara tepat. Diantaranya pemberian vaksin pada kitten tersebut untuk mencegah penyakit yang dapat menyerangnya. Perhatikan kebersihan kandang agar kitten anggora selalu merasa nyaman dan terjaga kesehatannya.