Cara Yang Tepat Untuk Mengaplikasikan Pengering Bulu Kucing


CARA MENGGUNAKAN PENGERING BULU KUCING

CARA MENGGUNAKAN PENGERING BULU KUCING

KUCING SURABAYA

Menggunakan pengering bulu kucing tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kesalahan kecil bisa mengakibatkan tampilan bulunya menjadi berantakan.

Contoh permasalahannya, bulu mengalami kerontokan. Ini merupakan dampak dari pemanfaatan suhu panas yang berlebihan. Membuat bulu menjadi sangar kering dan mudah tanggal.

Masalahnya, pengeringan bulu sehabis kucing dimandikan sangat diperlukan. Jika tidak, dikhawatirkan muncul permasalahan lebih serius.

Dampak Negatif dari Bulu Kucing Basah

Memandikan kucing sudah menjadi rutinitas. Minimal, kucing perlu mandi setiap minggu sekali. Fungsinya untuk menjaga kebersihannya dari kotoran dan kuman.

Di bagian akhir, bulu kucing seharusnya segera dikeringkan. Jika dibiarkan terlalu lama, ini bisa berdampak buruk bagi Kesehatan.

Kelembapan bulu kucing bisa mengundang iritasi. Hal ini disebabkan oleh perilaku kucing itu sendiri. Yakni suka menggaruk atau mengusapkan sesuatu agar tubuhnya cepat kering.

Tidak hanya itu saja, masalah paling serius tentunya berasal dari jamur. Jamur ini bisa memicu munculnya penyakit. Pada akhirnya, pemiliknya perlu membawanya ke dokter hewan untuk menyembuhkannya.

Bolehkah Mengeringkan Bulu Kucing dengan Hair Dryer?

Pengering bulukucing yang paling efisien ialah hair dryer. Alat ini cukup mendukung untuk mempercepat proses pengeringan. Makanya, kebanyakan pemeliharanya lebih suka untuk menggunakannya.

Secara umum, hair dryer ini juga boleh dioptimalkan. Dengan catatan, penggunaannya pada ambang wajar.

Sebagai pemilik, sudah semestinya Anda lebih teliti dalam menggunakan alat tersebut. Minimal, Anda mengetahui kiat memaksimalkannya. Tujuannya supaya tidak mempengaruhi pada bulu kucing itu sendiri.

Jika kurang memahami penggunaannya, opsi terbaiknya ialah cukup dengan handuk saja. Atau, Anda dapat memanfaatkan kipas angin. Itu pun cukup untuk membuat bulu cepat kering.

Cara Mengeringkan Bulu Kucing dengan Hair Dryer

Bicara tentang efektivitas pengering bulu kucing, jelas hair dryer sangat diunggulkan. Jika Anda ingin menggunakannya, Anda bisa mengikuti langkah yang tepat di bawah ini.

1.     Atur Suhunya

Hair dryer kucing terbaik ditandai dengan adanya pengatur suhu. Jika Anda ingin membelinya, usahakan agar alat ini memang mendukung untuk pengaturan suhunya.

Untuk suhunya sendiri, upayakan untuk mengaturnya serendah mungkin. Karena, kesesuaian temperatur setidaknya tidak terlalu banyak mempengaruhi pada Kesehatan bulunya.

2.     Atur Jarak

Saat Anda ingin menyemprotkan angin bersuhu panas, hindari untuk meletakannya terlalu dekat. Alasannya, ini bisa merusak bulu. Bahkan, membuat kucing merasa tidak nyaman sama sekali.

Pengaturan jarak menjadi solusi terbaik. Jarak yang ideal untuk menggunakan hair dryer pada kucing sekitar 30-50 cm.

Jarak ini memungkinkan semprotan angin cukup untuk mengeringkan bulunya. Tentunya tanpa mengakibatkan bulu mengalami kerontokan.

3.     Mulai dari Area yang Tidak Peka Panas

Proses terakhir ialah dengan mengeringkan bulu. Untuk melakukannya, mulai dari bagian tubuh yang tidak peka terhadap panas. Fungsinya agar kucing merasa lebih nyaman setiap kali dimandikan dan dikeringkan.

Anda bisa memulainya dari area kaki. Tentunya, area tersebut cukup tahan dan bulu. Membuat panas tidak terlalu berpengaruh.

Setelah itu, lanjutkan pada area badan. Kemudian dilanjutkan pada area kepala bagian belakang.

Khusus pada bagian muka, usahakan tidak menyorotkan alat tepat di depannya. Ada baiknya mengeringkannya langsung dari bagian belakang kepala.

Alasannya, kucing bisa saja mengalami ketakutan. Jika sudah takut, nalurinya akan berontak dan lari.

Sisanya, periksa kembali area yang mungkin masih lembap. Caranya dengan meraba area yang dinilai cukup sulit.

Itulah urutan yang direkomendasikan ketika Anda menggunakan pengering bulu kucing. Sehabis mengeringkannya, berikan makanan kesukaannya. Ini menjadi bentuk kasih sayang sehingga kucing akan terbiasa mandi saat tiba waktunya.