Sertifikat Pedigree pada Kucing Ras, Inilah Kegunaannya

Dewasa ini, berbagai jenis kucing ras sudah banyak diperjualbelikan. Mulai dari british shorthair, maine coon, bengala, persia, dan masih banyak jenis kucing ras lainnya. Namun, umumnya tidak semua orang dapat dengan jeli membedakan kucing ras asli dengan yang campuran. Maka dari itu, sertifikat pedigree pada kucing ras sangatlah penting.

hewany.com

Pentingnya Sertifikat Pedigree pada Kucing Ras

Perkembangan bisnis kucing ras memang memiliki perkembangan yang sangat pesat. Meskipun dijual dengan harga yang sangat mahal, bukan menjadi halangan bagi pecinta kucing untuk memilikinya.

Adanya sertifikat pedigree ini dapat digunakan untuk memastikan silsilah kucing bagi yang tidak dapat membedakannya. Saat ini pun, berbagai lembaga yang membantu para cattery untuk memberikan sertifikat pada kucing-kucing tersebut.

Sebenarnya, bukan hanya bagi pembeli saja yang merasa diuntungkan dengan adanya sertifikat pedigree. Namun, penjual pun juga dapat merasa sangat diuntungkan. Maka dari itu, berikut ini beberapa kegunaan sertifikat pedigree pada kucing ras.

Silsilah Keluarga Kucing yang Jelas

Sertifikat pedigree juga dapat dikatakan sebagai identitas kucing. Sertifikat ini telah dikeluarkan oleh organisasi yang sudah diakui.

Di Indonesia sendiri, organisasi yang mengeluarkan sertifikat pedigree yakni CFSI (Cat Fanciers Society Indonesia-CFA Club) dan ICA (Indonesia Cat Association). Pembiak atau cattery yang sudah terintegrasi di dalam asosiasi ini akan mempunyai sertifikat untuk kucing ras yang nantinya bisa anda adopsi.

Dengan adanya sertifikat pedigree pada kucing ras, dapat mengetahui silsilah keluarga kucing dengan jelas. Sehingga saat membudidayakan atau melestarikannya dapat mencegah adanya kawin silang antar keturunan atau inbreeding yang bisa menyebabkan kecacatan.

Harga Jual yang Mahal

Kucing ras yang mempunyai sertifikat pedigree, harga jualnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kucing ras tanpa adanya sertifikat. Bahkan harganya dapat dua hingga tiga kali lipat.

Sertifikat pedigree pada kucing ras sering dijadikan sebagai bukti silsilah yang murni. Dengan begitu, tingkat kepercayaan terhadap keturunan kucing ras juga semakin tinggi. Anda pun juga tidak akan ragu untuk mengadopsi atau membeli kucing ras yang memiliki sertifikasi.