Simak Tips Merawat Kucing Ragdoll yang Masih Kecil

Memelihara kucing hias yang lucu dan imut merupakan hobi yang menarik. Kucing ragdoll merupakan kucing peliharaan yang memiliki ukuran tubuh besar. Bahkan ras kucing ragdoll termasuk kucing terbesar di dunia. Meskipun berukuran besar, namun pemeliharaan kucing ini juga tidak mudah. Ada beberapa tips merawat kucing ragdoll yang perlu diperhatikan.

hewany.com

Apa Saja Tips Merawat Kucing Ragdoll yang Masih Kecil?

Kucing ragdoll pada umumnya memiliki bobot hingga 9 kg lebih. Mata biru yang berbentuk oval membuat kucing ini begitu cantik. Hal yang paling identik dari kucing ini adalah memiliki mantel bulu yang begitu tebal.
Ketika masih kecil atau bayi, ragdoll memiliki bulu yang berwarna putih dan mendominasi. Sedangkan setelah beranjak dewasa terdapat perubahan warna bulu menjadi agak gelap. Berikut ini beberapa tips untuk merawat kucing ragdoll saat masih kecil.

1. Mempersiapkan Kandang yang Nyaman

Tips yang pertama adalah menyiapkan kandang bagi bayi kucing. Kandang tersebut harus memiliki suasana yang nyaman. Seperti sirkulasi udara yang cukup. Kemudian bersihkan kandang sesering mungkin untuk menghambat pertumbuhan bakteri.
Selanjutnya adalah menyiapkan kotak kotoran tersendiri. Hal ini juga digunakan untuk menjaga kebersihan kucing ragdoll. Pertumbuhan bakteri dapat menyebabkan kucing menjadi sakit.

2. Ketersediaan Makanan dan Minuman

Paling tidak anak kucing yang masih kecil akan berada di dalam kandang selama 2 minggu. Oleh karena itu, ketersediaan makanan dan minumannya harus terjaga. Tips merawat kucing ragdoll yang satu ini harus diperhatikan dengan baik.
Makanan yang diberikan harus disesuaikan dengan umur. Apabila masih menyusui, maka bantu anak kucing ragdoll untuk menyusu pada induknya. Bila perlu bisa ditambah nutrisi dengan air tajin.

3. Vaksinasi Kucing

Tips merawat kucing ragdoll yang selanjutnya adalah melakukan vaksinasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekebalan pada kucing agar tidak mudah terserang penyakit. Pemberian vaksinasi pada anak kucing perlu dilakukan dengan hati-hati.

4. Membersihkan Tubuh Kucing

Selanjutnya adalah membersihkan tubuh kucing. Ragdoll memiliki bulu yang begitu tebal sehingga cara membersihkannya juga harus mendetail. Agar lebih bersih, maka bisa dibersihkan dengan shampo khusus kucing. Kemudian sisir bulu kucing agar lebih halus.
Tips merawat kucing ragdoll diatas perlu diterapkan agar kucing tetap sehat. Kucing peliharaan juga tidak mudah sakit dan dapat tumbuh dengan baik.