Simak Cara Memandikan Kucing Anggora yang Baik dan Benar

Membersihkan kucing merupakan hal yang sangat dianjurkan ketika anda memiliki kucing. Terutama untuk kucing peliharaan seperti anggora. Kucing hias memang harus selalu dijaga kebersihannya agar tidak ada bakteri yang tumbuh. Memandikan kucing anggora merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan. Ada beberapa cara memandikan kucing anggora yang perlu diperhatikan.

kucingforever.blogspot.com
Memandikan kucing tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, ada beberapa kucing yang bisa menjadi sakit karena kedinginan atau tidak tahan air. Apalagi untuk kucing yang masih kecil. Terkadang kucing tersebut tidak dimandikan namun dibersihkan dengan cara yang lain.

Bagaimana Cara Memandikan Kucing Anggora?

Jika dilihat dari kebiasaannya, kucing akan menjilati tubuhnya. Hal tersebut diartikan sebagai salah satu cara kucing untuk membersihkan diri. Untuk kucing yang sudah dewasa tentunya perlu dibersihkan dengan cara dimandikan. Berikut ini beberapa cara untuk memandikan kucing anggora yang benar.

1. Basahi Tubuh Kucing Secara Merata

Cara yang pertama adalah basahi semua tubuh kucing anggora dengan air secara merata. Pastikan bahwa semua tubuh kucing sudah basah dengan air. Akan lebih baik jika air yang digunakan adalah air hangat. Kemungkinan besar kucing tidak akan tahan jika menggunakan air yang dingin.

2. Gunakan Shampoo Khusus Untuk Kucing Anggora

Selanjutnya adalah menggunakan shampoo pada tubuh kucing. Shampoo yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Shampoo yang digunakan adalah shampoo khusus kucing. Biasanya shampoo kucing bisa didapatkan di pet shop. Usap tubuh kucing secara merata kemudian pijat tubuh kucing. Bersihkan secara merata terutama pada bagian telinga.

3. Bilas dan Keringkan

Jika shampoo sudah merata dan sekiranya bersih, maka langkah selanjutnya adalah bilas. Pastikan bahwa tidak ada busa shampoo yang tertinggal. Tetap gunakan air hangat untuk membilas tubuh kucing. Setelah dibilas, maka langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Setelah itu, jangan lupa untuk mengelap dengan kain kering yang lembut. 

Beberapa cara diatas dapat dijadikan sebagai referensi ketika memandikan kucing anggora. Hal yang terpenting dari cara memandikan kucing anggora adalah menggunakan air hangat dan shampoo yang khusus untuk kucing.