Deretan Bau Yang Tidak Disukai Kucing Peliharaan

Deretan Bau Yang Tidak Disukai Kucing Peliharaan

Memahami tentang bau yang tidak disukai kucing sangatlah penting. Terlebih jika Anda memutuskan untuk memeliharanya di rumah.

Perlu diketahui bahwa indra penciuman kucing sangatlah tajam. Kucing mampu mengenali bau yang sangat menyengat. Ketika menjumpai aroma tersebut, kucing biasanya akan pergi menjauh.

Lantas, apa sajabau yang dibenci oleh kucing? Sebelum mengulasnya, mari pahami apa saja manfaatnya bagi pemelihara berikut ini.

JUAL KUCING SURABAYA

Manfaat bagi Pemelihara

Mengenali bau yang tidak disukai kucing ini tentunya bermanfaat bagi pemelihara. Di antaranya sebagai berikut.

1.      Meminimalkan Kucing Stres

Kucing akan merasa betah di rumah ketika suasananya lebih nyaman. Suasana ini bisa diciptakan dengan meminimalkan gangguan yang menyebabkan kucing tidak berselera. Contohnya menjauhkan bebauan yang dibenci oleh kucing.

2.      Memudahkan Pelatihan Kucing

Kendala yang sering dialami oleh pemelihara ialah kucing baru tidak PUP di tempat yang seharusnya. Kondisi seperti ini pastinya menjengkelkan.

Sebagai pemelihara, Anda perlu melatihnya agar kucing buang kotoran di tempat yang tepat. Pelatihan ini membutuhkan berbagai sarana.

Anda mungkin butuh aroma menyengat untuk mengusir kucing agar tidak PUP di tempat yang salah. Setelah itu, sediakan kotak khusus yang ditempatkan pada area yang berbeda. Tujuannya agar kucing mencari tempat tersebut untuk BAB.

3.      Mengusir Gangguan Kucing Kampung

Ada kemungkinan bahwa Anda akan kedatangan tamu. Ini memang sering terjadi ketika Anda memiliki kucing peliharaan.

Kucing kampung biasanya cukup mengganggu. Karena belum terbiasa, kucing ini bisa seenaknya lalu Lalang dan membuat keributan.

Untuk meminimalkan kunjungan, meletakkan sesuatu yang tidak disukai kucing di halaman rumah atau pintu masuk kucing sangatlah pas. Setidaknya, kucing tidak akan masuk dan memilih untuk pergi dengan senang hati.

Jenis Bau yang Dibenci Kucing

Cukup banyak jenis bau yang tidak disukai kucing. Ini harusnya menjadi perhatian bagi seorang pemelihara kucing. Di antaranya adalah:

1.     Bau Pisang

Umumnya, aroma pisang tidak begitu menyengat di hidung manusia. Tetapi bagi kucing, ini lain ceritanya.

Kucing memiliki indra penciuman yang sangat sensitif. Memungkinkannya untuk mengetahui bahwa aromanya cukup menyengat di hidung.

Meskipun belum ada kepastian mengenai alasan kucing terganggu dengan bau pisang, namun kenyataannya kucing biasanya menjauh. Sebagian orang percaya bahwa penyebab utamanya berasal dari kandungan kalium yang tinggi.

Kandungan ini menimbulkan aroma yang cukup menyengat. Ini seperti aroma obat sehingga kucing kebanyakan lari dari tempat yang diletakkan pisang atau kulitnya.

2.     Sitrus

Sitrus menimbulkan bau yang sangat kuat. Ketika ditempatkan dekat kucing, kucing akan langsung menjauh. Karena aromanya serasa menyerang lantaran hidungnya sangat sensitif.

Buah-buahan yang tergolong dalam sitrus ini adalah jeruk nipis, jeruk, hingga lemon. Anda bisa menggunakan perasan jeruk atau kulit jika ingin menggunakannya.

Tetapi jika ingin membuat kucing lebih nyaman, hindarkan area bermain kucing dari buah sitrus tersebut. Dengan begitu, kucing akan terus menunjukkan sikap manjanya di depan majikannya.

3.     Essentials Oil

Sebagian besar esensial oil juga sangat dibenci oleh kucing. Bahkan, bisa membahayakan ketika terjadi kontak langsung dengan kucing peliharaan.

Contohnya ialah serai, kayu manis hingga lavender. Bahan yang sudah diekstrak menjadi minyak ini cukup berbahaya. Baunya juga menyengat sehingga sering dijauhi oleh kucing.

Ketika kucing terus menciumnya, dikhawatirkan kucing akan terkena imbasnya. Kerusakan hati merupakan masalah yang umum terjadi. Tidak jarang jika kucing bisa meninggal akibat terpapar oleh minyak yang berkelanjutan.

Akhirnya, jika Anda berkeinginan untuk berinteraksi dengan kucing kesayangan, hindari untuk meletakkan benda yang berpotensi memunculkan bau yang tidak disukai kucing.